Cara Masyarakat Mewariskan Masa Lalu


Cara Masyarakat Mewariskan Masa Lalunya


Kehidupan masyarakat Indonesia pada saat sebelum mengenal tulisan disebut juga sebagai masa praaksara atau prasejarah. Karena belum mengenal tulisan, mereka meninggalkan jejak – jejak sejarah yaitu berupa benda – benda kebudayaan.

Cara mewariskan masa lalunya melalui benda - benda tersebut memiliki beragam cara. Hal tersebut pun diteliti oleh para ahli sejarah, sehingga kita dapat mampu mengetahui kehidupan masa lalu tanpa menggunakan mesin waktu. Namun bagaimana cara masyarakat mewariskan masa lalunya?, simak penjelasan berikut ini.


A. Melalui Keluarga

Keluarga merupakan dunia sosial yang pertama sekaligus yang paling berkesinambungan bagi seseorang. Di sinilah hubungan sosial intim yang langgeng pertama kali dibangun.

Pewarisan oleh keluarga dilakukan dengan cara bertahap, mulai dari yg sederhana dan yang mudah dipahami menuju ke sesuatu yang kompleks atau rumit. 

Yang diwariskan adalah kebudayaan material dan kebudayaan nonmaterial. Namun yang menjadi pokok perhatian keluarga biasanya adalah kebudayaan nonmaterial, yaitu seperti pengetahuan, bahasa, norma, kepercayaan, nilai, dan cerita dongeng.

Nilai mengacu pada gagasan abstrak mengenai apa yang dianggap masyarakat baik, benar, dan diinginkan. Norma adalah perwujudan konkret dari nilai-nilai. Norma mencakup kebiasaan (folkway), adat-istiadat (mores), dan hukum. Bahasa mencakup bahasa tubuh (gestures) dan bahasa verbal. 

Keluarga mewariskan semuanya ini melalui sosialisasi. Di bawah ini, ada dua cara sosialisasi dalam keluarga pada masyarakat sebelum mengenal tulisan, yaitu :

1. Adat-istiadat Setiap keluarga memiliki adat-istiadat atau kebiasaan. Tradisi dan adat  tersebut diwariskan ke seorang anak dengan melalui sosialisasi, baik secara langsung maupun tidak langsung.

2. Cerita dongeng Cerita dongeng juga salah satu cara untuk mewariskan masa lalu. Biasanya generasi tua akan menceritakan dongeng-dongeng kepada generasi yang lebih muda. Pada cerita dongeng disisipkan pesan-pesan mengenai sesuatu yang dipandang baik untuk dilakukan maupun mengenai sesuatu dipandang tidak baik dan tidak boleh dilakukan.

B. Melalui Masyarakat

Masyarakat adalah sebuah kelompok orang yang mempunyai kesamaan budaya yang diwariskan turun temurun dari generasi ke generasi yaitu berupa wilayah, identitas, dan kemampuan berinteraksi dlm suatu hubungan sosial yang terstruktur. 

Masing-masing anggota dalam masyarakat saling membutuhkan, saling mengisi dan saling melengkapi. Hal ini disebabkan karena tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri tanpa orang lain. 

Secara langsung maupun tidak langsung, masyarakat memiliki caranya sendiri sendiri untuk mewariskan masa lalu. Masing-masing masyarakat memiliki adat-istiadat yang berbeda satu sama lain. 

Peyimpangan akan membuat seseorang disisihkan dari lingkungan masyarakat. Sementara itu, masyarakat tidak akan pernah lepas dari masa lalunya. Masa lalunya memberikan suatu gambaran tentang kehidupan masyarakat sehingga bisa dijadikan pedoman hidup.

Terima kasih telah membaca artikel ini, jika berkenan mohon untuk memencet salah satu tombol share dibawah ini sehingga banyak orang yang dapat membadca artikel ini

0 Response to "Cara Masyarakat Mewariskan Masa Lalu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel