Contoh Teks Pidato singkat bertema Pendidikan


Setiap generasi muda bangsa ini perlu belajar cara berpidato. Kemampuan yang satu ini kelak akan sangat membantu dalam menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan bidangnya masing-masing di masa depan.
Berbicara dengan cara yang efektif dapat digunakan untuk mengklarifikasi, menjelaskan, dan juga mengundang orang untuk menyetujui ide-ide yang disajikan. Pidato yang disampaikan juga tidak harus panjang lebar dan panjang, asalkan poin utama telah disampaikan secara efektif kepada audiens.

Berikut ini adalah contoh teks pidato singkat bertema pendidikan, selamat membaca

contoh teks pidato singkat tentang Dampak lima hari sekolah


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Bapak kepala Sekolah ( Nama Sekolah ) , Yang saya hormati Bapak dan Ibu Guru ,serta teman – teman yang saya sayangi. Pertama marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan hidayah serta inayahnya sehingga kita dapat berkumpul pada pagi hari ini dalam keadaan sehat walafiat.

Hadirin sekalian, pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kita semua. Pendidikan dasar yang pertama dimulai dari rumah, kemudian diluar rumah yaitu di sekolah dan dimasyarakat. Sekolah adalah tempat kita menimba ilmu dan berinteraksi dengan guru dan teman-teman. Di kurikulum sekolah yang lama, kita diwajibkan belajar selama 6 hari dalam seminggu, tetapi sekarang pemerintah mulai menerapkan kegiatan belajar mengajar menjadi 5 hari sekolah dalam seminggu, dengan 8 jam dalam sehari. Jadi jika saya bersekolah mulai pukul 07.00 maka kegiatan belajar akan berakhir kurang lebih pukul 15.00 atau lebih kita kenal dengan nama full day school.

Lima hari sekolah mempunyai dampak positif maupun dampak negatif. Dampak positif dari lima hari sekolah yaitu kita bisa belajar dan menghabiskan waktu lebih lama bersama teman-teman di sekolah, dan di hari Sabtu dan Minggu kita banyak waktu berkumpul bersama keluarga. Tetapi juga sistem ini juga ada dampak negatif nya, seperti kita lebih mudah lelah, sakit, bahkan stress karena kita dipaksa berfikir seharian. Dampak negatif juga bisa didapat dari fasilitas sekolah yang kurang memadai, seperti panasnya ruangan yang mengakibatkan siswa tidak nyaman mengikuti pelajaran dan fasilitas penunjang lainnya. Hal tersebut tentu akan membuat kita jenuh berada di sekolah. Untuk itu seharusnya pemerintah dapat mempertimbangkan lagi kebijakan lima hari sekolah tersebut. Bila sistem ini memang harus diterapkan, setidaknya fasilitas dan rutinitas kegiatan sekolah pun harus dibenahi agar siswa dan juga guru yang mengajarpun tidak mendapat beban yang terlalu berat.

Demikianlah isi pandangan saya tentang full day school, semoga sistem pendidikan kita dapat lebih maju lagi dengan tidak memberatkan siswa dan guru, sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warahamatullahi Wabarakatuh.


Contoh  Teks Pidato Singkat tentang Pentingnya Pendidikan



Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Yth. Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya banggakan

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT . Atas berkat rahmat dan hidayah-Nya lah sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat wal-afiat. Saya berterima kasih kepada Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang telah memberikan kesempatan yang baik ini bagi saya. Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato singkat mengenai betapa Pentingnya pendidikan bagi kita.

Sebelum membahas mengenai pendidikan, marilah kita melihat kembali manfaat yang kita peroleh dari pendidikan itu sendiri. Dengan pendidikan yang tinggi, kita dapat meraih cita-cita setinggi bintang. Dengan pendidikan pula kita dapat membiayai hidup ini yang tidak semurah kita membeli sebutir permen di toko. Begitu besar manfaat yang kita peroleh bagi hidup kita melalui pendidikan yang kita capai.Dengan pendidikan pula, kita dapat membangun Negara kita ini yang masih jauh dari sempurna. Membangun Negara yang bersifat berkembang menjadi Negara yang bersifat maju. Oleh karena itu teman-teman yang saya banggakan, janganlah kita malas dalam mencari ilmu itu.

Banyak dari kita yang memperoleh fasilitas sekolah yang paling baik dan lengkap. Guru yang tersedia pun melampaui batas kecukupan.Semua kalian miliki dengan mudahnya di sekolah ini. Tetapi sangat sulit membangun semangat belajar yang tinggi. Contohnya saja, malas bangun pagi saat harus berangkat ke sekolah. Apa lagi, ada yang tidur ataupun bermain-main saat pelajaran berlangsung.

Di jaman yang serba modern ini kita dituntut untuk terus berpacu menggali ilmu pengetahuan, kalau kita lengah sedikit saja kita akan tertinggal jauh oleh teman-teman kita yang terus berpacu menggali ilmu pengetahuan.

Teman-teman yang saya bangggakan, kita semua telah sadar dan menyadari betapa pentingnya pendidikan, semenjak kita duduk di bangku sekolah dari TK, SD sampai sekarang kita duduk di bangku sekolah SMA ini, banyak sekali ilmu yang kita dapatkan baik itu ilmu pengetahuan umum maupun ilmu agama, dari yang tidak tau kita bisa tahu, dari yang tidak mengerti kita bisa mengerti. Untuk itu dalam kesempatan yang baik ini perkenankan saya untuk menyampaikan ucapan rasa syukur kehadirat Allah SWT. Dan ucapan terima kasih yang tiada terhingga kepada Bapak dan Ibu Guru dimana beliau tidak ada bosan-bosannya untuk terus menerus mengingatkan kepada kita untuk rajin belajar dan belajar..

Dengan selalu memohon ampun dan Ridho-Nya semoga apa yang kita cita-citakan Allah SWT mengabulkannya. Amin ya Rabal Alamin.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini, apabila ada kekurangan dan tutur kata yang kurang berkenan saya mohon maaf.

Wabillahitaufik Walhidayah
Wassalamualaikum Wr. Wb.

0 Response to "Contoh Teks Pidato singkat bertema Pendidikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel