Pengertian Kalimat Utama dan Ide Pokok | Penjelasan dan Contoh Artikelnya


Pengertian Kalimat Utama Adalah dan Gagasan utama Adalah


Pengertian Kalimat Utama Adalah dan Gagasan utama Adalah


Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung pokok pikiran utama atau bisa juga ide pokok utama yang menjadi dasar untuk mengembangkan sebuah paragraf. Atau pengertian kalimat utama bisa juga

Kalimat utama adalah kalimat di mana ada ide paragraf  utama. sebuah Kalimat utama biasanya bersifat umum yang memuat keseluruhan isi dalam suatu paragraf.


Kalimat utama ini dijelaskan oleh kalimat lain dalam paragraf, yang disebut kalimat penjelas. Nama lain untuk kalimat utama adalah kalimat topik.


Kalimat utama ini biasanya tidak selalu berada di awal paragraf, karena gagasan utama paragraf bisa berada di akhir, ditengah dan bahkan muncul bersamaan juga di awal dan akhir paragraf. 

Kalimat utama bisa disebut juga sebagai kalimat topik, karena hal itulah kalimat utama bisa menjadi acuan pengembangan paragraf.

Berikut ini ciri-ciri dari kalimat utama adalah :
  • Kalimat utama mampu berdiri sendiri dan mempunyai arti yang sangat jelas, sehingga tidak membutuhkan konjungsi, baik itu antar kalimat maupun intra kalimat
  • Kalimat utama biasanya ber-ada di awal paragraf (deduktif). Namun bisa juga berada di akhir paragraf (induktif). Untuk Kalimat utama yang berada di akhir paragraf, biasanya diawali dengan kata “jadi” atau dengan kata “dengan demikian”
  • Pada kalimat utama biasanya berisi suatu permasalahan yang dapat dikembangkan secara terperinci
  • Pada Kalimat utama biasanya memiliki pernyataan yang bersifat umum yang bisa dikembangkan

Gagasan utama adalah sebuah ide-ide yang disusun menjadi inti dari suatu paragraf. Ide dasar ini terkandung dalam kalimat utama. Dalam satu paragraf hanya ada satu Gagasan utama atau ide utama.


Di sini saya akan membagikan contoh artikel bersama dengan kalimat utama dan ide utama, simak baik baik ya

Contoh Kalimat Utama Paragraf

Teks: 

Batik Asli Indonesia

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (terutama Jawa). 


Yang merupakan warisan bangsa Indonesia sejak dahulu kala. Sejarah batik di Indonesia terkait dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan kerajaan sesudahnya. 

Dalam beberapa catatan pengembangan batik sebagian besar dilakukan pada zaman kerajaan Mataram, kemudian di kerajaan Solo dan Yogyakarta. 

Tradisi batik pada awalnya adalah tradisi turun, sehingga kadang-kadang motif dapat diidentifikasi berasal dari keluarga batik tertentu.

Beberapa batik mungkin menunjukkan status seseorang. Bahkan saat ini beberapa motif batik tradisional hanya digunakan oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta. 

Jenis-jenis pola batik tradisional sangat banyak diklasifikasikan, tetapi gaya dan ragamnya sesuai dengan berbagai filosofi dan budaya masing-masing daerah. 

Budaya nasional Indonesia yang kaya telah mendorong lahirnya berbagai gaya dan jenis batik tradisional dengan karakteristik khusus mereka sendiri. 


Perempuan Jawa di masa lalu menjadikan keterampilan mereka dalam batik sebagai mata pencaharian sehingga di masa lalu pekerjaan batik adalah pekerjaan khusus perempuan. 

Sejak industrialisasi dan globalisasi, yang memperkenalkan teknik otomasi, jenis-jenis batik baru muncul dikenal sebagai batik cap atau batik cetak, sedangkan batik tradisional yang diproduksi dengan tulisan tangan menggunakan canting dan malam disebut batik. Jadi menurut tekniknya:


-Batik tulis adalah kain yang dihiasi dengan tekstur dan pola batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu sekitar 2-3 bulan.

- Batik cap adalah kain yang dihiasi dengan tekstur dan pola batik yang dibentuk dengan cap (biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan lebih dari 2-3 hari.

Dalam perkembangannya, seni batik ini secara bertahap ditiru oleh orang-orang terdekat dan kemudian berkembang menjadi karya perempuan di rumah tangga mereka untuk mengisi waktu luang mereka. 

Selanjutnya, batik, yang tadinya hanya pakaian keluarga, kemudian menjadi pakaian yang populer, baik wanita maupun pria. Sementara ragam corak dan warna batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. 


Awalnya, batik memiliki beragam warna dan warna yang terbatas, dan beberapa gaya hanya bisa digunakan oleh kalangan tertentu. 

Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh eksternal seperti pedagang asing dan akhirnya penjajah. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh Cina dan juga mempopulerkan gaya phoenix (burung api).

Kalimat Utama  : 


Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia

Ide Pokok : 

Batik adalah kerajinan dari indonesia

Ringkasan :


Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa), dan merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia sejak dahulu kala. 

Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Bahkan sampai saat ini beberapa motif batik tradisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta. 

Semenjak industrialisasi dan globalisasi, yang memperkenalkan teknik otomatisasi, batik  jenis baru muncul dikenal sebagai batik cap atau batik cetak, sementara batik tradisional yang diproduksi dengan tulisan tangan menggunakan canting dan malam disebut batik tulis. 

Dalam perkembangannya lambat laun kesenian batik ini ditiru oleh rakyat terdekat dan selanjutnya meluas menjadi pekerjaan kaum wanita dalam rumah tangganya untuk mengisi waktu senggang. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh Tionghoa dan juga mempopulerkan corak phoenix (burung api).


Contoh Gagasan Utama Paragraf

Teks: 

Di barisan pawai terdepan terlihat rombongan Maluku. Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. Rombongan perempuan mengenakan baju Cele. 

Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah. Langkah mereka diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari Maluku. Bunyinya seperti gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang. Budaya Maluku sangat unik dan menarik.

Gagasan utama : 

Barisan terdepan pawai adalah rombongan dari Maluku dengan pakaian adatnya dan diiringi dengan alat musik daerah Maluku

0 Response to "Pengertian Kalimat Utama dan Ide Pokok | Penjelasan dan Contoh Artikelnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel