Pengertian Komunikasi adalah | Pengertian, Tujuan dan Fungsi

Komunikasi Adalah
Pengertian Komunikasi adalah

Apa itu komunikasi? Pengertian dari Komunikasi adalah kegiatan penyampaian informasi, baik pesan, gagasan, dan gagasan, dari satu pihak ke pihak lain.

Biasanya kegiatan komunikasi ini dilakukan secara verbal atau verbal sehingga memudahkan kedua belah pihak untuk saling memahami. 

Secara harfiah, definisi komunikasi adalah interaksi antar dua orang atau lebih untuk menyampaikan pesan atau informasi. 

Umumnya Komunikasi memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan kepada orang lain.

Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang dapat dipahami dan diterima oleh orang lain. Selain sarana verbal, komunikasi juga dapat dilakukan dengan bahasa tubuh atau menggunakan gerakan untuk tujuan tertentu. 

Dalam suatu organisasi atau bisnis, komunikasi memiliki peran yang sangat penting karena merupakan bentuk koordinasi antara anggota atau tim untuk menyampaikan gagasan dan ide.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti komunikasi, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli. Berikut ini pengertian komunikasi yang pernah dijelaskan oleh beberap ahli:

1. Everett M. Rogers

Pengertian Komunikasi Menurut  Everett M. Rogers, adalah proses pengalihan ide dari satu sumber ke satu penerima atau lebih dengan tujuan agar mengubah tingkah laku.

2. James A. F. Stoner

Pengertian komunikasiMenurut James A. F. Stoner,  adalah suatu proses pada seseorang yang berusaha untuk memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain.

3. Prof. Drs. H. A. W. Widjaya

Menurut Prof. Drs. H. A. W. Widjaya, arti Komunikasi adalah hubungan kontak antar dan antara individu maupun kelompok.

4. Anderson

Pengertian Komunikasi Menurut Anderson, adalah rangkaian langkah serah terima maksud yang terjadi dengan dinamis serta konstan berubah sesuai dengan kondisi yang berlaku.

5. Lexicographer

Pengertian Komunikasi Menurut Lexicographer, definisi komunikasi adalah upaya yang bertujuan untuk memberi dan meraih kebersamaan. Tujuan yang ingin diinginkan kedua beluah pihak akan tercapai bila mereka berkomunikasi dan memiliki pemahaman yang selaras tentang informasi yang saling ditransfer.

6. Aristoteles

Pengertian Komunikasi Menurut Aristoteles,  adalah usaha yang berfungsi sebagai alat warga masyarakat dalam berperan serta dalam demokrasi.

7. Hoben

Pengertian Komunikasi Menurut Hoben, adalah suatu proses transfer pemikiran maupun ide dan gagasan yang diutarakan secara lisan.

8. Redi Panuju

Pengertian Komunikasi Menurut Redi Panuju, adalah arus sistem yang melekat serta kinerja antar bagian-bagian organisasi yang mengeluarkan suatu keharmonisan.

9. Murphy & Mendelson

Pengertian Komunikasi Menurut Murphy & Mendelson, adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk mempertahankan dan menjalin hubungan interpersonal.

10. Rogers dan D. Lawrence Kincaid

Pengertian Komunikasi Menurut Rogers & D. Lawrence Kincaid, adalah sebuah tahapan dimana dua orang atau lebih saling bertukar informasi satu sama lain, yang pada pokoknya akan muncul saling pengertian yang bersifat mendalam.

11. Shannon dan Weaver

Pengertian Komunikasi Menurut Shannon dan Weaver, adalah wujud interaksi manusia yang keduanya ada ikatan dan saling mempengaruhi satu sama lain, baik sengaja atau tidak sengaja. Komunkikasi tidak hanya dalam bentuk verbal saja, namun termasuk ekspresi muka, teknologi dan lukisan seni.

12. Raymond S. Ross

Pengertian Komunikasi Menurut Raymond S. Ross, adalah sebuah proses menyaring, memilah, dan memberikan berbagai simbol dalam bentuk sedemikian rupa yang mana dapat memudahkan penyimak membangkitkan arti maupun respom dari fikiran yang sama dengan yang dikehendaki komunikator.

13. William Albig

Pengertian Komunikasi Menurut William Albig, adalah rangkaian tahapan transfer kata yang memiliki makna yang dilakukan oleh antar individu ataupun lebih.

14. William I. Gordon

Pengertian Komunikasi Menurut William I. Gordon, adalah sebuah pertukaran dinamis yang meliputi perasaan serta gagasan.

15. Djenamar SH

Pengertian Komunikasi Menurut Djenamar SH, adalah seni dalam menyampaikan gagasan, informasi, yang dilakukan seseorang terhadap orang lain.

16. William F. Glueck

Pengertian Komunikasi Menurut William F. Glueck, komunikasi dapat dibagi menjadi dengan dua bentuk, diantaranya:
  • Komunikasi Antar Pribadi
Komunikasi Antar Pribadi (Interpersonal communications) adalah sebuah proses saling bertukar informasi serta pemindahan pengertian antara 2 individu atau lebih di dalam sebuah kelompok kecil masyarakat.
  • Komunikasi Dalam Organisasi
Komunikasi dialam Organisasi (Organization Communications) adalah sebuah proses dimana pembicara memberikan informasi secara sistematis dan memberikan pengertian kepada orang-orang di dalam organisasi dan juga kepada orang-orang dan lembaga-lembaga di luar organisasi namun masih terkait dengan organisasi tersebut.

Fungsi Komunikasi Secara Umum


Sebenarnya ada banyak fungsi komunikasi yang dapat dirasakan oleh manusia, baik secara individu maupun organisasi. Berikut ini adalah beberapa fungsi komunikasi secara umum:

1. Sebagai Alat Komunikasi

Dengan berkomunikasi, kita dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh orang atau kelompok lain sehingga dengan informasi itu proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan baik.

2. Sebagai Alat Motivasi

Komunikasi yang baik dan persuasif dapat meningkatkan motivasi seseorang untuk melakukan sesuatu. Menyampaikan informasi yang dapat dicapai dalam hidup akan membangun motivasi seseorang.

3. Sebagai Alat Kendali

Fungsi komunikasi yang pertama adalah sebagai alat kendali atau kontrol. Dalam hal ini alat kendali berarti dengan komunikasi maka perilaku individu dapat dikontrol dengan penyampaian aturan yang harus dipatuhi.

4. Sebagai Ungkapan Emosional

Berbagai perasaan yang ada di dalam diri seseorang dapat diungkapkan kepada orang lain dengan cara berkomunikasi. Emosi ini bisa persaan senang, marah, kecewa, gembira, dan lain-lain.

Tujuan Komunikasi Secara Umum


Semua kegiatan komunikasi dilakukan dengan tujuan khusus. Tujuan komunikasi secara umum meliputi:

1. Menggerakkan Orang Lain

Komunikasi dengan cara persuasif dapat membangun persepsi umum dengan orang lain. selanjutnya, kesamaan persepsi digunakan untuk menggerakkan orang lain sesuai keinginan kita.

2. Agar Mengenal Orang Lain

Dengan interaksi dan komunikasi, setiap orang dapat saling mengenali dan memahami. Kemampuan untuk mendengarkan / membaca / menafsirkan pesan orang lain dengan benar adalah penting dalam kegiatan komunikasi.

3. Agar Pendapat Diterima Orang Lain

Komunikasi persuasif sering dilakukan untuk menyampaikan ide atau gagasan seseorang kepada orang lain. Tujuannya agar ide dan gagasan ini diterima.

4. Agar Komunikator Dimengerti Komunikan

Tujuan komunikasi pertama adalah untuk memastikan informasi atau pesan dari komunikator dapat dipahami oleh orang lain (komunikan). Karena itu komunikator harus menyampaikan pesan utama sejelas mungkin kepada komunikan.


0 Response to "Pengertian Komunikasi adalah | Pengertian, Tujuan dan Fungsi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel