Pakta Warsawa | Pengertian dan penjelasan

Pakta Warsawa

Apa itu Pakta Warsawa???. Pakta Warsawa adalah sebuah aliansi militer dari negara-negara di bagian Blok Timur yang berada di Eropa Timur, dan memiliki tujuan untuk mengantisipasi kemungkinan ancaman yang ada dari aliansi NATO yang dibentuk pada tahun 1949.


Pasca Perang Dingin II, Uni Soviet menduduki negara negara Baltik dan menjadikan negara negara Eropa Timur taklukan sebagai negara satelitnya dengan kontrol yang ketat dan memaksakan paham komunis/sosialisme sebagai ideologi negara.

Perang Dingin dimulai pasca Perang Dingin II antara blok Barat yang dimotori Amerika Serikat, Inggris dan sekutunya melawan blok Timur dimana Uni Soviet dan Eropa Timur sebagai sekutunya. 

Ekspansi negara Soviet di Eropa Timur membuat Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa lainnya untuk membentuk NATO.

NATO berdiri "untuk mengoordinasikan pertahanan militer negara-negara anggota terhadap kemungkinan agresi Soviet." Pakta Warsawa dibentuk sebagai tanggapan langsung terhadap NATO. 

Pakta ini berdiri untuk melindungi negara-negara satelit Soviet yang dibentuk setelah Perang Dunia II, dan menjamin bahwa tidak ada musuh yang menyerang negara-negara satelit tersebut. 

Uni Soviet juga memiliki kekuatan untuk mengintervensi secara militer jika salah satu negaranya berusaha mengumumkan kemerdekaan. Meskipun Uni Soviet mengikat dominasinya di Eropa Timur karena Pakta Warsawa, aliansi nominal ini jelas dipegang sebagai paksaan.


Soviet semakin khawatir karena Barat secara aktif mendorong Jerman Barat untuk dipersenjatai kembali yang digunakan untuk membantu menyeimbangkan kekuatan Uni Soviet. 

Pemicunya adalah Kekhawatiran tentang militer Jerman yang mulai kuat di perbatasan negara-negara Soviet.

Pada 14 Mei 1955, semua negara di bawah pengawasan Uni Soviet menandatangani perjanjian Pakta Warsawa. Pertempuran juga melibatkan ideologi demokrasi - kapitalisme melawan komunisme - sosialisme.


Era perlombaan senjata nuklir dimulai, perlombaan menuju ruang angkasa untuk memperebutkan pengaruh di dunia ketiga termasuk Indonesia. 

Pertikaian di antara negara-negara anggota Pakta Warsawa dan ketidakstabilan dari sekutu-sekutu baratnya, yang pertama-tama diperlihatkan oleh bangkitnya Lech Wałęsa pada 1980 ke tampuk pimpinan serikat buruh Solidaritas berlangsung cepat, sehingga membuat Uni Soviet tidak dapat bergantung pada negara-negara satelitnya untuk melindungi perbatasannya.

Pakta Warsawa dirancang oleh Nikita Khrushchev pada 1955 dan ditanda tangani di Warsawa pada 14 Mei 1955. 

Pakta Warsawa terdiri dari 7 negara yaitu Uni Soviet, Bulgaria, Rumania, Jerman Timur, Hongaria, Polandia, Cekoslowakia. Formasi ini menegaskan Eropa terbagi menjadi dua kubu, yaitu blok timur dan blok barat.

Pakta ini berakhir pada 31 Maret 1991 dan diakhiri secara resmi dalam pertemuan di Praha pada 1 Juli 1991 karena seiring dengan gelombang revolusi demokratik di Eropa Timur dan bubarnya Uni Soviet pada tahun yang sama. Hal ini juga menandakan runtuhnya komunisme di Eropa. 

Setelah uni soviet runtuh akibat pemerintahan gorbachev yang memperkenalkan tiga perubahanya , yang mengakibatkan tidak terkontrolnya sistem perekonomian uni soviet pada saat itu juga pakta warsawa ikut runtuh.

0 Response to "Pakta Warsawa | Pengertian dan penjelasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel