Pengertian Sejarah | Pengertian Menurut Para Ahli dan Sifat Sejarah

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli
Pengertian Sejarah adalah

Secara umum,  Sejarah dikenal sebagai informasi tentang peristiwa masa lalu. Dengan mempelajari sejarah kita akan mendapat gambaran tentang kehidupan masyarakat di masa lampau atau mengetahui peristiwa – peristiwa yang terjadi di masa lampau. 

Peristiwa maupun kejadian yang mucul di masa lampau dapat dijadikan pedoman atau tuntunan dalam berkehidupan bermasyarakat dan berbangsa di masa yang akan datang.


Arti Sejarah

Dan secara etimologi sejarah dalam bahasa arab yaitu dari kata syajarotun dan akhirnya menjadi kata Sejarah, yang artinya adalah pohon. Pohon memiliki makna filosofis, yaitu patah tumbuh hilang berganti. 

Jadi sejarah sama artinya dengan pohon yang terus berkembang dari tingkat yang sederhana ke tingkat yang lebih kompleks atau ke tingkat yang lebih maju. Dalam Bahasa Arab sendiri ilmu yang mempelajari kisah–kisah pada masa lalu disebut Tarikh



Dalam bahasa Inggris kata sejarah dikenal sebagai History yang berasal dari bahasa Yunani, Istoria. Menurut orang Yunani pengertian history adalah catatan tentang orang pandai, artinya hanya orang pandai yang mampu mengambil peran besar bagi masyarakatnya. 

Sedangkan dalam Bahasa Jerman kata sejarah disebut Geschicht, yang artinya sesuatu yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia.

Dibawah ini Pengertian sejarah menurut para ahli

1. Pengertian sejarah menurut Aristoteles


Menurut Aristoteles, sejarah berbeda dari puisi dan filsafat. Baginya, sejarah berkaitan dengan hal-hal aktual yang telah terjadi. sebaliknya, puisi dan filsafat terkait dengan hal-hal universal dan hal-hal yang ada atau mungkin ada.

2. Pengertian sejarah menurut Herodotus


Dikenal sebagai The Father of History, ia menyatakan bahwa "Sejarah tidak berkembang di masa depan dengan tujuan yang pasti, tetapi bergerak seperti garis lingkaran yang ketinggian rendahnya disebabkan oleh kondisi manusia".

3. Pengertian sejarah menurut Francis Bacon


Menurut Francis Bacon, berdasarkan metrik utama, sejarah berbeda dari disiplin ilmu lain. Sejarah belajar hal-hal yang berkisar waktu dan tempat, menggunakan memori sebagai instrumen esensialnya.

4. Pengertian sejarah menurut Ibnu Khaldun


Di dalam bukunya yang berjudul "Mukadimah" ia menjelaskan bahwa sejarah merupakan sebuah catatan masyarakat umat manusia atau peradaban di dunia dan tentang perubahan yang telah terjadi dalam karakter masyarakat itu.

5. Pengertian sejarah menurut W.J.S Poerwadarminta


Di dalam bukunya yang memiliki judul Kamus Umum Bahasa Indonesia dia mengatakan bahwa sejarah  mengandung 3 pengertian sebagai berikut:

- Sejarah berarti silsilah atau asal usul

- Sejarah berarti kejadian atau peristiwa yang benar–benar terjadi pada masa Lampau.

- Sejarah memiliki arti ilmu, pengetahuan, dan cerita pelajaran tentang kejadian atau Peristiwa yang benar terjadi pada masa lampau.


6. Pengertian sejarah menurut Moh. Ali

Di dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia, Moh. Ali menjelaskan bahwea pengertian Sejarah adalah sebagai berikut:

- Jumlah perubahan–perubahan, kejadian atau peristiwa yang terjadi disekitar kita

- Cerita tentang perubahan–perubahan, kejadian atau peristiwa yang terjadi di sekitar kita

- Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan–perubahan kejadian dan peristiwa dalam realitas di sekitar kita

7. Pengertian sejarah menurut kuntowijoyo

Pengertian sejarah menurut kuntowijoyo : Sejarah menyuguhkan fakta secara diakronis, ideografis, unik, dan empiris. Bersift diakronis karena berhubungan dengan waktu. 

Sejarah bersifat ideografis, karena sejarah menggambarkan, menceritakan sesuatu yang unik karena berisi hasil penelitian tentang hal-hal unik. Selain itu juga merupakan makna empiris bahwa sejarah bergantung pada pengalaman manusia yang sejati.

Jadi dapat disimpulkan bahwa sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia. 

Sebagai bagian dari ilmu sosial, sejarah memiliki karakteristiknya sendiri, terutama dalam sudut pandang dan model.


Sejarah ada setelah manusia ada di muka bumi. Sejarah memiliki sifat yang spesifik dibandingkan oleh ilmu lainnya yaitu :

1. Masa lalu yang dilukiskan menurut urutan waktu atau kronologis.

2. Ada hubungan sebab akibat atau kausalitas.

3. Peristiwa sejarah menyangkut masa lampau, masa kini dan masa yang akan datang (tiga dimensi).

4. Kebenarannya bersifat sementara (merupakan hipotesis) yang akan gugur apabila ditemukan data pembuktian yang baru.

Terima kasih telah membaca artikel ini, jangan lupa klik tombol share dibawah agar dapat membagikan ilmu ini, jikalau ada kata kata yang salah mohon koreksinya dengan berkomentar dibawah

0 Response to "Pengertian Sejarah | Pengertian Menurut Para Ahli dan Sifat Sejarah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel